EKG (Elektrokardiogram)

Pemeriksaan EKG (Elektrokardiogram) berguna untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan pada jantung dengan mengukur aktivitas listrik yang dihasilkan oleh jantung, pada waktu jantung berkontraksi.

Pemeriksaan EKG merupakan tes sederhana untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik di jantung. Gelombang listrik membuat otot berkontraksi dan memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh juga paru-paru.

Spirometri

Spirometri adalah pemeriksaan standar yang dilakukan untuk menilai fungsi paru-paru. Tes ini dapat membantu dokter dalam mendiagnosis dan memantau kondisi paru-paru pasien. Prosedur spirometri akan mengukur jumlah udara yang dapat dihirup serta dikeluarkan dalam satu tarikan napas. 

Audiometri

Pemeriksaan audiometri adalah sebuah pemeriksaan yang dilakukan untuk memeriksa tingkat fungsi dari pendengaran seseorang dengan cara mendengar suara, nada, atau frekuensi tertentu. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi gangguan pendengaran setelah operasi dilakukan pada pengidap tumor di atau sekitar telinga. Tidak hanya itu, pemeriksaan audiometri juga berguna untuk mengevaluasi apakah seseorang membutuhkan alat bantu dengar atau tindakan operasi guna meningkatkan kemampuan pendengaran.

Treadmill

Pemeriksaan treadmill, atau yang juga dikenal dengan sebutan stress test, merupakan pemeriksaan yang dilakukan guna melihat kinerja jantung selama seseorang melakukan aktivitas fisik. Karena aktivitas fisik dapat membuat jantung memompa lebih keras dan cepat. Pemeriksaan treadmill dapat membantu mengungkapkan adanya masalah aliran darah dalam jantung.

Pemeriksaan ini disebut sebagai pemeriksaan treadmill karena menggunakan alat treadmill dalam praktiknya. Dalam pemeriksaan ini, irama jantung, tekanan darah, dan pernapasan akan dipantau.

Penunjang medik lainnya